DAERAHWARTA DESA

Tingkat Kelahiran Tinggi, Desa Iloheluma Ditetapkan Jadi Percontohan Kampung KB

WARTA NEWS – Ditetapkan sebagai percontohan Kampung KB di Kabupaten Pohuwato pada 2019, Desa Iloheluma Kecamatan Patilanggio Rabu, (2/7/2020) di evaluasi oleh Plt. Kepala DP3AP2KB, Rusmiati Pakaya.

Dari 26 Kampung KB di Pohuwato yang tersebar di 13 kecamatan, Desa Iloheluma telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai Kampung KB percontohan.

“Ya, diseluruh kabupaten/kota ditetapkan 1 desa percontohan, sehingga itu di Kabupaten Pohuwato ditunjuklah Desa Iloheluma, tindak lanjutnya di seluruh kecamatan saat ini sudah ada 26 kampung KB yaitu 2 desa di tiap kecamatan,” jelasnya Plt. Kepala DP3AKB, Rusmiyati Pakaya.

Lanjut kata Rusmiati Pakaya, Kampung KB dibentuk dengan tujuan menghidupkan  kolaborasi program lintas OPD dan dukungan berbagai pihak, semua program endingnya menciptakan masyarakat kecil, bahagia, dan sejahtera.

Disisi lain Rusmiati Pakaya menjelaskan, dipilihnya Desa Iloheluma karena suport pemerintah desa yang dinilai maksimal, serta dukungan TP PKK Desa dan TP PKK Kecamatan.

“Indikator lainnya adalah desa yang tingkat kelahiran tinggi supaya dengan hadirnya desa sebagai kampung KB dan dilakukan penyuluhan dengan harapan mengurangi tingkat kelahiran,” lanjutnya.

Selain itu karena Desa Iloheluma adalah kampung KB percontohan jelas beber Rusmiyati, harusnya ada hal yang melebihi kampung KB yang lain. Artinya, kelebihannya dari sisi pemenuhan gizi ibu hamil, pemberian ASI esklusif kepada ibu menyusui, pelayanan difasilitas kesehatan untuk pemeriksaan ibu hamil sampai dengan melahirkan itu sesuai dengan standar keehatan.

“Dengan demikian harapan kedepan adalah generasinya Pohuwato yang ada di Desa Iloheluma berkualitas, cerdas, terpenuhi gizinya sehingga akan tercipta generasi-generasi emas yang ada di Pohwuato,” tutup Rusmiyati. (Adv/Iwan Karim)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
151
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close