NASIONAL

Soal Bintang Penghargaan dari Jokowi, Begini Komentar Fahri Hamzah

WARTA NEWSFahri Hamzah akhirnya  angkat bicara soal penghargaan Bintang Mahaputera Nararya yang akan diberikan Presiden Joko Widodo saat peringatan hari kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora itu menyatakan bahwa, usulan penghargaan tersebut diberikan kepada dirinya karena pernah memimpin lembaga negara yakni DPR RI.

“Dalam perspektif pemberitahuan yang dilakukan DPR kepada kami, itu pengusulannya karena melengkapi periode memimpin kelembagaan negara, yaitu DPR,” kata Fahri dikutip CNNIndonesia.com, Senin (10/8/2020).

Saat masih menjadi politikus PKS, Fahri sendiri pernah menjabat Wakil Ketua DPR untuk periode 2014-2019 saat.

Fahri kemudian hijrah ke Partai Gelora usai tak lagi di PKS bersama sejumlah mantan petinggi PKS, salah satunya Anis Matta.

Kata Fahri, beberapa bulan lalu, pihak DPR sebelumnya sudah memberikan informasi terkait rencana pemberian penghargaan bintang jasa dari Jokowi.

“Penghargaan yang diberikan oleh presiden sebagai kepala negara dalam momen proklamasi kemerdekaan,

adalah peristiwa kenegaraan yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang dianggap memiliki jasa tertentu,” terang Fahri.

Selain Fahri Hamzah, penghargaan yang sama turut diberikan kepada Ketua BKSAP DPR RI, Fadli Zon.

Politikus Partai Gerindra tersebut juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 lalu.

Baik Fahri maupun Fadli, dikenal sering melontarkan kritikan pedas kepada pemerintahan Jokowi selama mereka masih di parlemen.

Untuk diketahui, Bintang Mahaputera adalah bintang penghargaan sipil tertinggi.

Penghargaan ini setingkat di bawah Bintang Republik Indonesia.

Sementara Bintang Mahaputera Nararya adalah bintang mahaputera kelima setelah Bintang Mahaputera Adipurna, Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Mahaputera Utama, Bintang Mahaputera Pratama.

Penghargaan Bintang-bintang tersebut diberikan negara melalui presiden kepada warga sipil yang dianggap telah berjasa secara luar biasa. (rzr/osc)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
13
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close