DAERAH

Sambut Idul Adha, Pemkab Pohuwato Gelar ‘Tonggeyamo’ dan ‘Dua Lo Lipu’

WARTA NEWS – Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo menggelar adat “Tonggeyamo” atau penetapan Idul Adha 1441 Hijriyah, sekaligus “Du’a Lo Lipu” yang diikuti oleh sejumlah pejabat tinggi daerah, Forkopimda, dan tokoh agama di rumah jabatan Bupati Pohuwato pada Kamis (30/7/2020), malam.

Pelaksanaan adat Tonggeyamo sendiri merupakan rangkaian tak terpisahkan yang wajib digelar setiap menyambut Idul Adha, sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim, mengacu pada Kementerian Agama RI.

Sedangkan Du’a Lo Lipu merupakan doa untuk negeri, yang juga turut dirangkaikan di setiap pelaksanaan Tonggeyamo. Tujuannya adalah, medoakan negeri dan masyarakatnya, agar terhindar dari bencana dan segala bentuk hal negatif lainnya.

Pelaksanaan Dua Lo Lipu dalam rangka menyambut Idul Adha 1441 Hijriah, di Rudis Bupati Pohuwato.

Dalam penyampaiannya saat sambutan, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menyampaikan bahwa, persoalan Covid-19 masih menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. “Maka dari itu, dalam pelaksanaannya, kami meminta kekompakan bersama, baik Forkopimda, pemerintah kecamatan, desa hingga masyarakat, untuk tetap mengedepankan protokoler Covid-19,” pinta Syarif.

“Kami sudah menandatangani Surat Keputusan Bupati terkait pelaksanaan sholat Idul Adha di tengah Covid. Insya Allah ini dapat benar-benar dilaksanakan dengan baik,” sambung Bupati Syarif.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Pohuwato, Yudin Moonti menyampaikan bahwa, berdasarkan rukyatul hilal yang dilakukan bersama tingkat Provinsi Gorontalo, hari raya Idul Adha 1441 Hijriah, 2020 Masehi, jatuh pada hari Jumat, 31 Juli 2020. (Adv/Lan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
13
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close