WARTA DESA

Pemdes Manawa Kurbankan 19 Ekor Sapi, Warga Tinggal Tunggu di Rumah

WARTA NEWS – Sebanyak 19 ekor sapi disembelih oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Manawa, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato, pada pelaksanaan Idul Adha atau lebaran haji 1441 Hijriah, Jumat (31/7/2020).

Ke 19 ekor sapi yang tersebar di empat masjid di desa tersebut dilakukan serentak usai pelaksanaan sholat id berjamaah.

Kepala Desa Manawa, Marlulu Djafar yang turut menyaksikan prosesi penyembelihan tersebut menyampaikan bahwa, jumlah hewan kurban yang disembelih pada tahun ini mengalami sedikit penambahan.

“Alhamdulillah tahun ini ada ketambahan. Tahun lalu hanya 17 ekor. Tahun ini 19. 16 ekor berasal dari 7 kelompok masyarakat, 2 ekor itu umum, dan 1 ekor sumbangan personal dari salah satu masyarakat,” ungkap Marlulu.

Pada prosesi penyembelihan, Kades Marlulu turut serta memantau pelaksanaann penyembelihan hewan ternak hingga proses pemotongan. Di mana masyarakat yang terlibat pada proses tersebut diwajibkan mengikuti protokoler kesehatan.

“Pelaksana penyembelihan wajib menggunakan masker. Pisau yang digunakan harus steril. Sebelum dan sesudah pelaksanaan, kami harus pastikan imam dan tokoh agama yang ada dalam keadaan sehat. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” jelas Kades.

Tidak hanya itu, jika biasanya masyarakat menjemput sendiri daging kurban, maka pada tahun ini, daging kurban tersebut diantarkan langsung ke rumah-rumah warga.

“Jika biasanya warga ramai berkerumun dan menjemput langsung daging kurban, berhubung masih pandemi Covid-19, tahun ini itu kami antar ke rumah masing-masing. Masyarakat tinggal menunggu saja di rumah. Mereka wajib ikuti aturan,” tutup Kades Marlulu Djafar. (WN/Lan)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close