NASIONAL

Pekerja Bergaji Rp5 Juta yang Ingin Dapat BLT, Penuhi 6 Syarat ini

WARTA NEWS – Pemerintah Republik Indonesia, melalui Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengumumkan bahwa, pemerintah telah menetapkan enam syarat bagi pekerja bergaji Rp5 juta ke bawah, yang akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) imbas Covid-19.

Menurut Ida, pemerintah berencana memberikan BLT kepada pekerja bergaji di bawah Rp5 juta untuk meringankan beban hidup di tengah tekanan pandemi Covid-19.

“Adapun besaran BLT yang diberikan rencananya Rp600 ribu per bulan per pekerja,” kata Ida

BLT inisenidir rencananya akan diberikan selama 4 bulan. Berdasarkan keterangan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani beberapa waktu lal, bantuan akan diberikan ke 13 juta pekerja. 

Total anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan tersebut mencapai Rp31 triliun. Namun dalam perkembangan baru, Ida Fauziah menyatakan jumlah penerima pekerja penerima bantuan naik jadi 15,72 juta. “Dengan itu, anggaran naik dari Rp33 triliun menjadi Rp37 triliun,” ujar Menaker Ida.

Adapun 6 syarat tersebut yakni :

1. Pekerja harus berstatus Warga Negara Indonesia (WNI). Status kewarganegaraan tersebut dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Pekerja terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek yang masih aktif di program kepesertaan.

3. Peserta membayar besaran iuran berdasarkan ketentuan iuran bagi pekerja di bawah Rp5 juta, sesuai yang dilaporkan ke BP Jamsostek.

4. Pekerja memiliki rekening bank yang masih aktif.

5. Pekerja tidak masuk dalam peserta penerima manfaat Kartu Prakerja.

6. Peserta membayar iuran sampai Juni 2020. Sebab, peserta terpilih merujuk pada data kepesertaan pertanggal 30 Juni 2020. (Eza)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
16
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close