PENDIDIKAN

Ini 4 Peristiwa 9 Agustus yang Jadi Sejarah Dunia

WARTA NEWS – Tahukah anda, ada banyak peristiwa di dunia yang terjadi pada tanggal 9 Agustus. ‎Bahkan, ada beberapa peristiwa pada 9 Agustus tercatat menjadi bagian dari sejarah dunia.

Apa saja peristiwa mendunia yang terjadi tepat pada tanggal 9 Agustus? Berikut seperti dikutip dari warta.co

1. Menara Pisa Dibangun

f. traveldigg.com

Menara miring Pisa diketahui dibangun pada 9 Agustus 1173 di Distrik Tuscany, Pisa, Italia. Menara ini pertama kali merupakan lonceng katedral dibangun vertikal seperti gedung pada umumnya. Namun, lambat laun menara ini miring dengan sendirinya.

Dalam pembangunan Menara Pisa sendiri dibagi dalam tiga tahap dengan memakan waktu 200 tahun. Pembangunan Menara Pisa rampung pada 1372. Menara ini menjadi salah satu warisan budaya di dunia dari UNESCO.

2. Pramuka Gelar Jambore Dunia ke-2

f. istimewa.

Pramuka menggelar jambore dunia kedua pada 9 hingga 17 Agustus 1924. Jambore dunia pramuka kedua tersebut digelar Ermelunden, sebuah kota di bagian utara Denmark, Kopenhagen. Jambore ini diikuti 14 negara. Pada acara jambore ini diadakan kegiatan kompetisi kepanduan terdiri dari tes keterampilan scouting, tes stamina, inspeksi perkemahan, kebersihan, kedisiplinan, sampai dengan hiking.

Jambore dibuka oleh Raja Christian X dari Denmark, Rear-Admiral Carl Carstensen. Kepanduan pramuka laki-laki dari Amerika ‎memenangkan kompetisi dalam jambore ini.

 3. Nagasaki Jepang Dibom Atom Amerika Serikat

(AFP PHOTO/HIROSHIMA)

Amerika Serikat melakukan penyerangan ke Kota Nagasaki, Jepang ‎pada 9 Agustus 1945. Penyerangan tersebut dilakukan dengan menjatuhkan bom atom dari pesawat pengebom milik Amerika B-29 salah satu ke pelabuhan terbesar di Jepang itu.

Nagasaki adalah kota terpenting pada saat Perang Dunia II. Bom atom diterjunkan Amerika Serikat dan menghancurkan Nagasaksi ‎sebagai bentuk penyerangan. Dalam insiden tersebut tercatat 39.000 hingga 80.000 orang tewas.

Korban yang tewas dalam insiden bom atom mayoritas masyarakat sipil. Pasca-pengeboman tersebut, Jepang menyerah kepada sekutu. Pada 2 September, Jepang menandatangani penyerahan diri yang juga sebagai akhir dari perang dunia kedua.

4. Singapura Merdeka dari Malaysia

istimewa.

Singapura resmi merdeka dari Malaysia pada tanggal 9 Agustus 1965. Singapura pada mulanya merupakan bentuk kerajaan yang kemudian didirikan oleh Britania Raya atau Inggris pada 6 Februari 1819.

Singapura lantas bergabung dengan Malaysia pada 16 September 1963 dan resmi berpisah pada 9 Agust‎us 1965. Setelah merdeka dari Malaysia, Singapura dipimpin oleh Presiden Yusof Bin Ishak. (WN/Tim)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
21
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close