DAERAH

Bendera Merah Putih 75 Meter Bakal Dibentangkan di Puncak Gunung Pani Pohuwato

WARTA NEWS – Peringatan moment sakral detik-detik proklamasi kemerdekan ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 di Kabupaten Pohuwato dipastikan bakal berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, peringatan hari bersejarah bangsa Indonesia kali ini, akan dilaksanakan dari dasar laut dan puncak gunung tertinggi di Kabupaten Pohuwato, yakni Gunung Pani.

Rencananya, di atas puncak Gunung Pani yang memiliki ketinggian kurang lebih 750 meter di atas permukaan laut ini, Pemerintah Kabupaten Pohuwato, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), bakal membentangkan bendera merah putih sepanjang 75 meter, dengan lebar 4 meter, sebagai simbol ulang tahun kemerdekaan ke-75 RI.

“Kami yang ditunjuk sebagai penanggungjawab oleh pak Bupati, maka hal tersebut saat ini sudah kami persiapkan. Mulai dari kelengkapan seperti bendera, pelaksana, hingga tekhnis di lapangan,” terang Kepala DLH Pohwuato, Bahari Gobel, Selasa (11/8/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pohuwato, Bahari Gobel.

Tidak hanya pembentangan bendera merah putih sepanjang 75 meter saja yang akan dilakukan. Menurut Bahari, akan ada dua titik lainnya yang disiapkan untuk dijadikan lokasi upacara peringatan HUT ke-75 RI nanti.

“Ada tiga titik, satu di puncak untuk bendera yang 75 meter, satu titik lainnya ada pengibaran 20 bendera menggunakan tiang, dan satunya lagi pengibaran bendera berukuran 8 x 7 meter,” ungkapnya.

“Pelaksananya kita libatkan 4 desa. Desa Hulawa, Desa Karya Indah, Desa Taluduyunu Utara, dan Desa Taluduyunu. Penggereknya itu nanti dari masyarakat penambang. Total peserta baik dari pemerintah desa, kecamatan, hingga kabupaten, kita batasi hanya 50 orang, dengan mengikuti protokoler Covid-19 secara ketat. Selain itu, kita juga sudah siapkan tim medis,” beber Bahari.

Untuk diketahui, selain di Puncak Gunung Pani, pengibaran bendera merah putih juga akan dilangsungkan di halaman Kantor Bupati Pohuwato, dan di dalam laut perairan Pulau Lahe. (Adv/Lan)

Baca juga :

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
222
HASTAG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close